Langsung ke konten utama

CATATAN SEORANG PELACUR

Ket. Gambar : Ilustrasi
Penulis
Muhammad Najib
Mahasiswa FSH 
UIN Sumatera Utara Medan

TUHAN, IZINKAN AKU HIJRAH

Perkenalkan namaku Indah.
Namaku diberi oleh kakek ku yang telah lama meninggal, aku tak mengerti ku diberi nama Indah, padahal wajahku tak indah, hidungku apalagi, bola mataku pun tak juga, sampai pergelangan kakiku pun tidak, sampai akupun bertanya-tanya apa yang indah dari diriku.
Sejak Kecil ku bertanya-tanya akan hal itu pada diri sendiri, pada orang tuaku pada orang-orang sekitar, namun tak juga kutemukan jawabannya. Orang tuaku pun akhirnya meninggal secara bersamaan ketika kami tengah berlibur ke pendakian gunung, keduanya ditemukan tewas disebabkan  tergelincir dari tanah dipendakian. Aku bersyukur aku selamat, namun nasib buruk ini harus kujalani hidup diusia anak-anak sebagai seorang yatim piatu.
Sejak kejadian kepergian orangtuaku, kumerasakan kesendirian yang amat mendalam. Diasuh oleh nenek yang sudah tua renta membuatku tak dapat berkeluh kesah berlebihan selayaknya anak yang diperlakukan ibarat boneka kesayangan. Aku harus banting tulang untuk menghidupi diriku dan nenek ku yang sudah tua renta itu. Disudut-sudut dunia kadang ku pernah mengadu kepada Tuhan, kenapa Tuhan sejahat ini padaku, padahal aku tak pernah jahat padanya. Sampai aku menyatakan diri untuk tidak pernah percaya lagi pada Tuhan. Kegundahan k uterus menerusku rasakan sampai pada akhirnya aku dititik terburuk, aku terkena HIV/AIDS.
Keterpurukan yang sedang kualami ini diperparah lagi karena kepergian nenekku.
Aku sangat kacau dan putus asa, akupun sempat ingin membunuh diriku, namun seketika aku sadar bahwa itu tidak dapat menyelesaikan masalah. Aku Indah adalah seorang Pelacur, sampai aku bermohon kepada Tuhan untuk mengizinkan aku menjadi pelacur karena sempitnya ruang pekerjaan untuk gadis yang tak berpendidikan sepertiku ini. Walau wajahku tak seindah namaku, namun tubuhku sangatlah Indah bak gitar spanyol kata lelaki yang memandangku.
Seketika aku sadar bahwa ini maksud dari namaku.
Pekerjaan yang kulakoni ini hampir 7 tahun telah kulakukan, sesekali hampir tidak bias kutinggalkan pekerjaan ini, bukan karena kekurangan uang. Namun karena kebutuhan biologisku yang inginku penuhi.
Ditahun ke 7 itulah aku pernah beribadah disepertiga malam untuk pertama kalinya dihidupku, sembari memohon kepada Tuhan tuk mengizinkanku tetap melacur berulang-ulang ku meminta akan hal itu sampai tanpaku sadar aku tertidur dan terbangun diwaktu subuh. Al, hasil aku sakit, aku dirawat karena mengidap penyakit HIV/AIDS.
Aku Indah, akupun menyesal kenapa aku memohon hal sekeji itu pada Tuhan.
Namun, aku memang benar-benar sadar bahwa aku harus berubah. Akan tetapi diriku takut bahwa Tuhan tak menerima Taubatku, aku takut Tuhan telah mencoretku sebagai Hambanya, aku khawatir bahwa Tuhan telah menyiapkan Nerakanya untukku.
Aku Indah, si gadis tegar dan penuh kepercayaan diri dengan bergegas kulafazkan kalimat syahadat untuk memastikan bahwa ku bersungguh-sungguh kembali kepada Tuhanku. Sampai memang ku benar-benar yakin bahwa ku akan meninggalkan pekerjaan pelacur yang hina itu.
Penyakitku perlahan-lahan mulai sembuh, aku yakin ini karena bantuan dari Tuhan.
Tuhan lah yang meringankan bebanku, Tuhanlah yang telah menyelamatkanku, Tuhanlah yang memberikanku kesempatan untuk bertaubat dan Tuhanlah yang menemaniku dimasa-masa sulitku ini.
Akhirnya aku pun sembuh, Tuhan sangat baik padaku gumamku. Aku sangat bersemangat dalam menjalani kehidupanku yang baru sebagai hamba Tuhan yang maha dasyat. Tuhan tak pernah lupa denganku, aku saja yang lupa dengannya. Kasih saying nya dan Dzat nya tak tertandingi oleh sesuatu apapun.
Sampai pada akhirnya Tuhan memberikan ku pekerjaan yakni penjaga butik disalah satu butik di Medan. Selama dua tahun sudah kujalani pekerjaanku ini. Sampai suatu ketika cobaan itu hadir, aku di pecat dari butik itu karena suami dari owner butik itu adalah pelangganku semasa ku pelacur. Betapa sedih hati ini, hampir sesaatku mengeluh kepada Tuhan, tapi untungnya tidak berkepanjangan.
Lagi, aku hidup sebatang kara sepi sendiri tanpa ada harta benda yang ada hanya lah tempat tinggal nenekku dahulu. Sampai suatu ketika akupun berfikir untuk menjual rumah nenekku ini untuk modal usaha, aku dahulu semasa kecil sangat pandai melukis sampai saat ini sebenarnya masih bisa kalau ku asah terus, pada akhirnya ku berkeinginan menjadi pelukis. Akhirnya akupun menjual rumah neneku, setelahnya aku membuka toko lukisan dengan beragam lukisan. Singkat cerita, usaha ku ini telah berkembang pesat dengan waktu 3 tahun. Akhirnya akupun menikah di Usia yang relatif tua untuk seorang wanita yakni 32 Tahun, menikah dengan lelaki yang 10 tahun lebih muda denganku, Tio namanya. Dirinya mengaku tertarik padaku sesaat dia tengah melihat pameran lukisanku, dan kami pun menikah setelah 2  bulan berkenalan dengan hati yang telah dipenuhi oleh rasa cinta dan keinginan yang besar untuk menikah.
Tio bekerja sebagai  PNS disalah satu lembaga Negara. Aku kagum padanya karena akhlaknya baik dan yang paling penting ilmu agamanya yang  baik yang menurutku dia bisa membimbingku kejalan Tuhanku.
Tuhan, terimakasih telah membawaku sampai saat yng terindah ini, aku akhirnya sadar inilah makna namaku, ternyata Indahnya namaku se Indah takdir yang Kau berikan kepadaku Tuhan.
Terimakasih telah mengizinkanku tuk berhijrah.

-Selesai-


(Silahkan Like/Koment serta Follow Akun Penulis)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESETIAAN

Penulis : Muhammad Najib (Mahasiswa UIN SU - Medan) Lingkungan salah satu kunci dasar kita membentuk karakter, tanpa kita sadari karakter kesetiaan hadir karena sebuah lingkungan. Pahit, manisnya hidup penetralisirnya adalah hati, untuk menguatkan hati kuncinya adalah kesetiaan, setia pada kebenaran dan nilai-nilai yang benar bukan dianggap benar sekali lagi bukan dianggap benar.  Kesetiaan mampu kita upayakan kalau dihati memang mempunyai niatan tulus untuk saling merawat, menjaga, serta memperhatikan kewajiban dan hak kita sebagai hamba dan makhluk sosial. Merawat lingkungan tugas kita sebagai makhluk Tuhan yang sempurna bahkan menjaganya.  Memperhatikan lingkungan merupakan bagian dari observasi untuk membangkitkan semangat kepedulian agar melahirkan KESETIAAN. Dalam catatan sejarah, sederhanya Islam takkan besar kalau Nabi Muhammad SAW tak memiliki orang-orang yang setia seperti Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali dan sahabat-sahabat lainnya. Serta sama halnya seperti Indonesia

MENIKMATI NDP HMI

Ket. Gambar : Menikmati Kopi NDP Penulis : Muhammad Najib (Instruktur HMI Cabang Medan) Sejarah NDP menurut Prof. Dr. H. Agussalim Sitompul : [Muqaddimah : Perkembangan sosio historis menunjukkan, selain Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HMI sejak tahun 1947 hingga tahun 2010, HMI telah memiliki 10 naskah atau dokumen sebagai ideologi atau doktrin perjuangan HMI (Baca Sejarah Perjuangan HMI jika ingin mengetahui uraiannya). Sepuluh doktrin perjuangan HMI tersebut lazim disebut sebagai ideologi HMI. Seperti ditulis A. Dahlan Ranuwihardjo, ideologi adalah "seperangkat ajaran-ajaran tertentu atau gagasan-gagasan berdasarkan suatu pandangan hidup untuk mengatur kehidupan negara/masyarakat didalam segi-seginya serta yang disusun didalam sebuah sistem berikut aturan-aturan operasionalnya."] Berarti dengan keterangan diatas, Islam bukanlah ideologi, seperti halnya ideologi Pancasila, sosialis, komunis, kapitalis, dan lain-lain. Islam adalah wahyu dari Allah swt. Seda

DAGINGNYA PARA ULAMA ITU BERACUN

Teman ? Siapakah teman itu? Ialah yang setia menemani disaat suka & duka. Jelas bukan yang ada hanya bila butuh sesuatu saja. Apalagi yang menusuk dari belakang, menggunting dalam lipatan, menyerang & melempar fitnah di tengah perjuangan. Layaknya ketika kita berada ditengah perjuangan berhijrah menjadi lebih baik. Kala level kita akan naik itu, tak sedikit dari teman kita malah jadi menjauhi dan mencaci "sok alim..sok suci..sok sholeh..riya..gila pujian..dll" Karena begitulah siklusnya, Allah sengaja melakukan seleksi itu. Kenapa? Karena di mata Allah, antum sudah beda level, mereka sudah gak level dengan antum. Proses penjauhan teman lama itu ibarat musim gugur yang merontokkan daun-daun lama yang tak layak lagi dipertahankan. Agar kelak di musim semi akan diganti oleh tunas-tunas daun yang hijau, setia nan kokoh. Seperti itulah siklus pertemanan. Pilpres 2019 bagi UAS ialah fenomena yang memperlihatkan mana teman sejati, mana lawan yang berbaju kawan se